Sabtu, 21 April 2012

Ada Apa Dengan Moral Bangsa..?


Oleh : Ruri Nurul Huda (INF/48)

Tak ada satu orangpun yang dapat memungkiri pentingnya kesadaran moral dalam hidup, jika baik moral masyarakat maka tidak akan ada yang namanya tindakan kejahatan, jika baik moral pemimpin suatu bangsa maka tidak akan sengsara rakyat yang dipimpinnya dan begitu pula jika buruk moral suatu masyarakat maka terjadilah berbagai macam tindakan kejahatan, jika buruk moral pemimpin bangsa maka akan kacau balau pula bangsa tersebut.
                Jika kita sekarang berbicara mengenai bangsa maka yang akan kita lihat pertama kali adalah generasi muda bangsa tersebut contohnya saja negara kita  Indonesia, negara ini akan terus bergeliat seiring perkembangan zaman, negara yang masa depannya ada di tangan para generasi muda saat ini. Tetapi permasalahannya sekarang adalah akankah negara tersayang ini akan dapat bertahan dalam zaman globalisasi ini? Pengikisan moral yang terjadi saat ini sangat memprihatinkan dimana sebagian para generasi muda lebih bangga mengikuti gaya hidup bangsa lain mulai dari cara berpakaian, gaya, dan mulai terang-terangan memperlihatkan prilaku yang notabenenya bukanlah “adat timur”.
                Kenyataan yang sangat mengerikan bahwa anak SMP telah mengkonsumsi rokok apalagi perempuan, yang lebih ironisnya lagi tingginya angka kehamilan diluar nikah di kalangan remaja usia sekolah. Pertanyaan dari beberapa kasus tersebut adalah kenapa mereka yang seharusnya masih polos telah bisa bertindak seperti itu? Haruskah kita menyalahkan kecanggihan alat komunikasi? menyalahkan media masa? tentu saja tidak karena pada dasarnya itu hanyalah  alat.
                Beberapa solusi untuk masalah ini adalah dengan perhatian dari keluarga yang mana keluarga merupakan suatu lingkungan pertama yang akan membentuk perilaku anak, orang tua memberi pengajaran kepada anak-anak agar berprilaku baik, sesama bersaudara saling mengingatkan agar tidak berbuat hal-hal yang hanya merugikan pribadi mereka sendiri, selain itu meningkatkan lagi pemahaman dalam agama karena dengan pengetahuan agama akan membuat perilaku menjadi lebih terkendali dan itu tidak bisa dipungkiri juga bukan?.
                Melihat kedaan bangsa yang sudah bisa dibilang porak-poranda ini ditambah lagi dengan keadaan generasi mudanya yang hilang kendali, tentu saja membuat harapan kita agar negara ini makmur semakin jauh saja. Kita adalah mahasiswa, kita adalah agent of change, pada dasarnya memang tidak ada yang tidak mungkin selagi kita mau berusaha, belum terlambat untuk berubah dan belum terlambat untuk menyerah dalam menyelamatkan bangsa ini oleh karena itu marilah kita bersama-sama sebagai penerus bangsa ini untuk mencintai budaya bangsa, tingkatkan lagi kualitas moral kita secara pribadi dan lingkungan kita.(RNH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar